Bekerja sebagai Freelance Desainer

bekerja-sebagai-freelance-desainer

Bekerja sebagai Freelance Desainer

Berbagai Macam Software yang Diperlukan Jika Hendak Bekerja Sebagai Freelance Desainer – Freelance adalah suatu pekerjaan yang dapat dijalankan secara lepas dan tidak terikat kontrak dengan perusahaan tertentu maupun tidak terikat kontrak dalam jangka panjang. Saat ini banyak ditemui seorang yang menyukai pekerjaan freelance karena memiliki waktu yang lebih fleksibel, salah satu freelance yang banyak diminati di Indonesia yaitu freelance desainer.

Pekerjaan freelance desainer merupakan pekerjaan yang membutuhkan skill terpercaya, salah satunya harus memiliki kreativitas yang tinggi agar setiap desain yang dibuat menjadi karya yang cukup keren dan bergengsi. Seorang yang bekerja sebagai freelance desain harus mampu menguasai beberapa software desain yang bertujuan sebagai penunjang karir profesional Anda. Berikut 13 software yang harus dimiliki dan diperlukan oleh freelance desainer.

Software Adobe Indesign

Software pertama yang harus Anda miliki apabila bekerja sebagai freelance desainer yaitu adobe indesign. Software ini merupakan salah satu aplikasi desain yang wajib dipelajari apabila ingin bekerja di perusahaan penerbitan. Sebagian orang biasanya menggunakan aplikasi ini untuk membuat desain brosur. Perlu diketahui bahwa aplikasi desain adobe design ini dilengkapi dengan fitur untuk membuat ebook.
Software ini biasanya juga digunakan sebagai desain yang berhubungan dengan layout atau tata letak, majalah, company profile, dan lain sebagainya. Selain sebagai desain dan edit, aplikasi adobe design juga dilengkapi dengan fitur yang mampu membuat konten. Sehingga jika Anda bekerja sebagai desainer, Anda harus mampu menguasai dan memahami software ini.

Software Adobe Illustrator

Software desain grafis yang harus dimiliki apabila bekerja sebagai freelance desainer yaitu adobe illustrator. Software adobe illustrator ini memiliki kemampuan untuk membuat desain maupun mengedit foto dengan baik. Selain itu, software ini memiliki kelebihan dalam mengolah gambar dari sisi terkecil yaitu vektor. Sehingga kualitas gambar tetap bagus meskipun gambar mengalami scalling maupun zooming.

Software Adobe Photoshop

Software desain grafis yang harus dikuasai dan sangat disarankan kepada seorang freelance desainer selanjutnya yaitu adobe photoshop. Adobe photoshop merupakan aplikasi desain yang penggunaan toolsnya sangat mudah dan tidak terlalu susah, seperti dalam pemberian efek dan juga pewarnaan. Software adobe photoshop ini sangat cocok digunakan sebagai project layout maupun website design.

Software Corel Draw

Software desain grafis yang sangat disarankan dan harus dimiliki oleh seorang yang bekerja sebagai freelance desainer selanjutnya yaitu corel draw. Corel draw merupakan salah satu software desain grafis yang cara penggunaannya cukup mudah dan tidak terlalu rumit dalam fitur yang dimilikinya. Kemudahan dan fitur yang lengkap menjadikan software corel draw ini banyak diminati oleh pengguna desain grafis.

Software Inkscape

Software desain yang harus dimiliki seorang desainer selanjutnya yaitu inkscape. Software inkscape merupakan aplikasi yang memudahkan dalam membuat gambar vektor, pemberian warna pada gambar dan dan desain ilustrasi dengan mudah. Software inkscape sering digunakan oleh desainer profesional, sehingga bagi Anda yang menginginkan hasil kinerja lebih baik, software ini sangat disarankan untuk dimiliki dan dipelajari.

Software Google Sketchup

Software yang harus dimiliki oleh seorang yang bekerja sebagai freelance desainer selanjutnya yaitu google sketchup. Software ini merupakan software tiga dimensi yang tentu sangat dibutuhkan saat membuat skema bangunan seperti hotel, gedung, rumah, dan lain sebagainya. Software google sketchup ini memiliki keunggulan, yaitu tools yang mudah dipahami sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk memelajari software ini.

Software Xara Designer

Software yang direkomendasikan bagi desainer selanjutnya yaitu xara designer. Xara designer merupakan salah satu software yang berfungsi dalam menciptakan logo, undangan, poster, dan grafis web. Software ini memiliki fungsi yang hampir sama seperti software adobe design serta tidak kalah hebat dibanding software editing yang lain.

Software GIMP

Software yang harus dimiliki seorang yang bekerja sebagai freelance desainer selanjutnya yaitu GIMP. Software GIMP merupakan software alternatif dari adobe photoshop, software GIMP memiliki sifat yang dapat dikembangkan oleh siapapun. Kelebihan software ini memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan, sehingga sangat cocok bagi desainer pemula.
Kelebihan software GIMP selanjutnya yaitu memiliki tampilan yang cerah dan modern sehingga sangat cocok digunakan desainer muda. Selain itu software GIMP ini memiliki kualitas grafis yang sangat jernih sehingga mampu memberikan hasil yang berkualitas. Dengan menggunakan software yang berkualitas, tentu setiap hasil pekerjaan Anda juga menjadi sangat baik dan lebih profesional, sehingga software ini sangat direkomendasikan bagi seorang desainer.

Software Google Drawing

Software yang harus dimiliki seorang yang bekerja sebagai freelance desainer selanjutnya yaitu google drawing. Software ini memiliki keunggulan dalam membuat konten visual. Keunggulan yang dimiliki google drawing yaitu sangat mudah untuk dipelajari, dipahami serta memiliki standar latar belakang dari gambar yang transparan sehingga lebih memudahkan Anda saat menggabungkan gambar.
Keunggulan google drawing selanjutnya yaitu mampu menyimpan gambar yang Anda buat dalam bentuk PNG, PDF, dan JPEG. Keunggulan selanjutnya gambar dapat diunduh dan diletakkan pada web yang disediakan oleh google. Selain itu, file gambar juga dapat dibagikan sehingga lebih memudahkan Anda saat bekerja sama dengan rekan.

Software PicMonkey

Software yang harus dimiliki seorang yang bekerja sebagai freelance desainer selanjutnya yaitu software picmonkey. Dengan menggunakan software ini, maka setiap pekerjaan yang berhubungan dengan desain seperti mengedit gambar dan foto menjadi mudah dan menyenangkan. Penggunaan software picmonkey ini juga dapat memudahkan Anda saat ingin berkreasi dengan gambar seperti menambahkan teks, mengubah ukuran, memutar gambar, dan lain sebagainya.

Software Adobe After Effects

Software yang harus dimiliki seorang desainer selanjutnya yaitu adobe after effect. Software ini sangat penting terutama bagi seorang ingin memelajari banyak hal tentang software desain. Software adobe after effect ini digunakan untuk melakukan komposisi objek dan membuat animasi gambar setiap adegan. Selain itu, adobe after effect ini juga cukup populer karena mudah digunakan dengan koreksi warna yang cukup lengkap.

Software Macromedia Freehand

Software yang harus diperlukan oleh seorang yang bekerja sebagai freelance desainer selanjutnya yaitu macromedia freehand. Macromedia freehand merupakan software yang sering digunakan oleh sebagian desainer, karena software ini selain mampu membuat grafik dua dimensi, software ini juga sangat mudah untuk digunakan.

Software Adobe Dreamweaver

Software yang sering digunakan oleh desainer selanjutnya yaitu adobe dreamweaver. Software ini merupakan program editor yang digunakan untuk membuat halaman web. Software adobe dreamweaver cukup sering digunakan oleh desainer karena kelengkapan fitur serta kemudahan penggunaannya.

Jenis-jenis software di atas merupakan software yang harus dimiliki apabila Anda ingin bekerja sebagai freelance desainer yang berpengalaman serta kreatif dalam menciptakan desain. Selain memiliki dan memahami software, seorang desainer harus memiliki kemampuan seperti memahami estetika, mampu membuat logo secara kreatif, memiliki kemampuan dalam membuat ilustrasi, mampu bekerja secara maksimal, serta mampu memahami kemauan klien.

21 January, 2021