Cara Menulis Artikel dengan SEO yang Benar

Cara Menulis Artikel dengan SEO yang Benar!

Menulis artikel di blog pribadi atau blog milik perusahan secara teratur mungkin masih bisa dilaksanakan dengan mudah. Namun, untuk menghasilkan artikel yang berkualitas, tepat sasaran, dan sesuai dengan kaidah penulisan serta bisa dibaca oleh mesin pencarian Google merupakan hal yang lumayan sulit untuk dipraktekkan.

Hanya mengandalkan plugin saja yang bisa membantu dalam hal mengelola SEO tidaklah cukup. Untuk itu Anda membutuhkan sebuah artikel yang SEO friendly. Apa dan bagaimana cara membuat artikel yang SEO friendly, semuanya bisa Anda temukan di ulasan berikut ini.

Pengertian SEO

Yang dimaksud dengan SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah strategi yang digunakan mengoptimasi laman web pada mesin pencarian dengan teknik tertentu. Dengan memanfaatkan SEO, laman web yang sudah Anda optimasi akan menempati urutan pertama pada halaman utama mesin pencarian Google. Secara teknis, terdapat dua bagian SEO yaitu SEO On Page yang fokus pada struktur penulisan konten dan SEO Off Page yang fokus pada pembangunan link atau backlink.

Menulis Artikel sesuai SEO

Agar artikel yang Anda tulis bisa masuk pada halaman utama mesin pencarian Google, berikut ini berbagai hal yang harus Anda perhatikan.

1. Judul Artikel Mengandung Keyword

Hal utama yang harus Anda perhatikan mengenai cara menulis artikel yang sesuai dengan SEO adalah membuat judul yang mengandung keyword. Posisi keyword yang paling baik pada judul adalah diawal kata. Pada prinsipnya, semakin kekiri judul konten Anda akan semakin berpotensi dibaca oleh mesin pencari Google dengan lebih baik.

Walaupun demikian, jangan memaksakan judul sesuai SEO sehingga judul tersebut akan menjadi aneh dan susah untuk dipahami oleh para pembaca. Sebaiknya sesuaikan peletakan keyword sehingga judul tersebut tetap enak dibaca dan mampu mengundang klik. Panjang judul yang baik adalah kurang dari 71 karakter, namun hal ini bukan merupakan batasan yang baku.

2. Pilih Keyword yang Tepat

Sebelum membuat sebuah judul, lakukan pemilihan keyword yang akan Anda bidik. Sesuaikan kata kunci ini dengan audiens laman Anda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami siapa dan pembahasan artikel apa saja yang disukai oleh pembaca blog Anda.

Dengan cara ini Anda akan bisa menemukan target keyword yang sering diketik pada mesin pencari Google. Cara mengetahui apakah keyword yang Anda pilih layak atau tidak adalah sebagai berikut:

  • Pilih keyword yang volume pencariannya banyak. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa menggunakan bantuan situs tertentu. Misalnya, Ubersuggest, KWFinder, Google Trends, Keyword Sheeter, dan Answer The Public.
  • Miliki bahan dan sumber data yang cukup.
  • Ketahui apa yang diinginkan oleh pembaca terkait keyword

Utamakan Pengalaman Pengguna (User Experience)

Ini merupakan hal yang penting bagi Anda sebagai pemilik web atau blog. user experience ini

merupakan aktivitas pembaca pada saat menjelajah di blog atau web yang Anda miliki. Mulai dari apa yang dibaca, berapa lama, apa respon atau komentar yang diberikan, dan lain sebagainya. Semakin lama user tersebut berada pada suatu web semakin berkualitas artikel web tersebut.

Faktor yang umumnya memengaruhi user experience adalah:

  • Jenis dan ukuran font yang mudah dibaca.
  • Desain blog atau web yang profesional.
  • Minim typo
  • Navigasi yang mudah.
  • Loading yang cepat.
  • Interaksi yang baik.
  • Dan lain-lain.

Jumlah Keyword Tidak Berlebihan

Walaupun keyword merupakan hal yang penting dan wajib ada pada sebuah artikel, namun cara menulis artikel yang baik adalah artikel yang berisi keyword namun tidak berlebihan dalam menggunakannya. Jika berlebihan, keberadaan keyword tersebut justru akan menurunkan kualitas artikel.

Kalimat Pembuka yang Menarik

Setelah merasa tertarik pada judul yang Anda tulis, pembaca harus diyakinkan bahwa keseluruhan artikel benar-benar bermutu. Untuk itu, buatlah kalimat yang mampu menarik pembaca untuk meneruskan membaca artikel sampai selesai.

Paragraf Singkat dan Spesifik

Selain kalimat pembuka yang menarik hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan paragraf yang singkat dan spesifik. Cara menulis artikel yang SEO friendly disarankan untuk menggunakan pembahasan secara menyeluruh agar pembaca bisa mendapatkan pengetahuan baru. Selain itu, usahakan untuk membuat paragraf yang singkat dan pendek. Ini bertujuan agar pembaca bisa lebih memahami isi dari artikel Anda.

Jika artikel Anda terlalu panjang (1.000-2.500 kata), maka gunakan poin-poin. Penulisan paragraf yang terlalu panjang akan membuat mata cepat lelah dan bosan sehingga enggan untuk membaca artikel Anda sampai selesai, walaupun secara keseluruhan isi artikel Anda sangat baik.

Jumlah Kata

Cara membuat artikel yang SEO friendly selanjutnya adalah dengan membuat artikel dengan jumlah kata yang direkomendasikan. Terdapat dua pendapat mengenai hal ini. Yang pertama adalah antara 600-800 kata dan yang kedua antara 2.000-10.000 kata (artikel pilar). Anda bisa memilih salah satu berdasarkan kemampuan Anda.

Gunakan Heading dan Subheading

Cara menulis artikel yang SEO friendly adalah dengan memanfaatkan penggunaan Heading dan Subheading. Dengan memanfaatkan heading bisa memudahkan pembaca menemukan pokok bahasan pada artikel yang Anda tulis. Sedangkan subheading berguna untuk menguraikan pokok bahasan tersebut secara teratur.

Pastikan Anda menggunakan heading 1 (h1) hanya satu kali dalam satu artikel karena merupakan topik utama. Sedangkan pada subheading, gunakan h2, h3 atau yang lain dan bisa digunakan lebih dari satu kali.

Gunakan Internal Link dan Eksternal Link

Terkadang, Anda akan membutuhkan link untuk memperkuat isi artikel Anda. Link internal merupakan tautan yang mengacu pada artikel lain yang terdapat pada web atau blog tersebut. Manfaatnya adalah, agar pembaca bisa mengeksplor berbagai artikel lainnya yang ada pada artikel Anda.

Selain itu, Google akan lebih memahami fokus topik yang ada pada web tersebut. Sedangkan link eksternal merupakan link dari blog atau website lain yang isinya untuk memperkuat pernyataan yang Anda tulis pada artikel. Link eksternal ini umumnya berupa kutipan, hasil penelitian, referensi, atau berupa statistik, hasil penelitian, atau referensi dari media lain.

Optimasi Gambar

Menambahkan gambar menjadi salah satu langkah tepat dari cara menulis artikel yang SEO friendly. Ini dimaksudkan agar pembaca tidak cepat bosan, terutama jika artikel tersebut panjang.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk optimasi gambar adalah:

  • Sesuaikan gambar dengan fokus keyword. Ini untuk memudahkan Google melakukan penyesuaian antara artikel yang diunggah dengan gambar.
  • Perkecil ukuran gambar untuk mempercepat loading page.
  • Alt text gambar harus sesuai dengan kata kunci.

Memiliki sebuah blog atau website yang setiap artikelnya masuk pada halaman utama mesin pencari Google merupakan impian setiap penulis. Untuk itu, berbagai informasi mengenai cara menulis artikel dengan SEO yang benar menjadi hal yang wajib untuk dibaca dan dipahami. Dengan membuat judul yang menarik dan berisi keyword pilihan, penggunaan heading, subheading, memanfaatkan link internal dan eksternal, serta mengoptimasi gambar  merupakan hal yang harus diterapkan pada setiap penulisan artikel.

Baca Juga : Pekerjaan Apa yang Bisa Dilakukan Freelancer Online?

 

22 January, 2021