Cari Untung Dari Jualan Produk Digital

Jualan Produk Digital

Jualan Produk Digital? Selama beberapa tahun sekarang, marketplace produk digital telah membuat banyak kesuksesan di antara orang-orang yang tertarik dan ingin tahu tentang kewirausahaan digital. Berkat format bisnis ini, banyak orang berbondong-bondog memulai dari awal dan mencapai kesuksesan yang sebelumnya tidak pernah mereka bayangkan.

Apa Itu Produk Digital

Produk digital adalah produk apa pun, apakah itu untuk dijual atau tidak, yang ada dalam format tidak berwujud sebagai file. Mereka dapat dialirkan, diunduh, dan diterjemahkan ke dalam media fisik (seperti ebook atau templat yang dicetak dalam salinan fisik), tetapi titik interaksi utama mereka adalah melalui teknologi.

Sederhananya, digital product adalah produk apa pun yang dapat  Anda beli dan akses melalui komputer, telepon, dan tablet tanpa persyaratan instalasi fisik apa pun. Sebagian besar dari digital product yakni materi pendidikan yang dibuat dalam format digital dan didistribusikan secara online.

Mereka telah menjadi populer di dunia wirausaha karena jangkauan mereka yang luar biasa dan karena itu, kemungkinan meningkatkan laba. Meski begitu, bagi pengguna, mengkonsumsi konten digital juga menguntungkan karena membuat pengetahuan lebih mudah diakses dan lebih praktis untuk diperoleh.

Keuntungan menjual produk digital adalah Anda tidak perlu membayar biaya produksi atau distribusi. Setelah Anda membuat produk, semua yang Anda jual sebenarnya untung. Inilah sebabnya mengapa banyak orang membuat digital product sendiri, misalnya menulis e-Book tentang suatu subjek, dan kemudian menjualnya.

Menjual produk-produk yang digital juga mengurangi kebutuhan untuk melakukan pra-pembelian barang. Jika Anda bekerja dengan produsen untuk menghasilkan produk fisik, Anda hampir selalu harus menempatkan pesanan minimum besar dan bekerja untuk mengimbangi keseimbangan dengan keuntungan Anda. Namun ini tidak berlaku untuk digital product.

Contoh Produk Digital

  1. video (biasanya dalam format MP4 atau FLV)
  2. Musik MP3
  3. Tiket Online (dalam format kode atau email)
  4. Aplikasi (Android apps atau iPhone apps)
  5. Memberships
  6. Aset kreatif seperti font dan grafik
  7. Ikon
  8. Kursus online
  9. Test preparation workbooks
  10. Ringtones

Produk Digital Yang Bisa Dijual

1. Membership Sites

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan membership sites? Ini adalah area pribadi dari situs web atau forum tempat anggota membayar biaya bulanan untuk memiliki akses. Anda dapat memulai membership sites untuk bidang apa pun: kebugaran, pengasuhan anak, bisnis, dll.

Ini merupakan opsi paling intensif karena Anda akan bertanggung jawab untuk membangun komunitas dan memproduksi konten baru setidaknya setiap bulan untuk anggota Anda. Namun, ada peluang besar untuk mendapat untung karena Anda bisa mendapatkan pendapatan berulang dibandingkan pembayaran satu kali.

Anda bahkan dapat membuat grup Facebook berbayar jika Anda tidak ingin berurusan dengan aspek teknis dari situs keanggotaan. Ingatlah bahwa kunci untuk grup keanggotaan yang sukses adalah menyediakan konten atau pelatihan yang berharga yang tidak dapat ditemukan secara gratis di tempat lain.

2. Kursus Online

Digital product hebat lainnya yang berbasis pengetahuan untuk dijual adalah kursus online. Banyak orang percaya bahwa satu-satunya cara untuk membuat kursus online yang sukses adalah dengan membuatnya tentang sesuatu yang berkaitan dengan blogging, pemasaran, atau menghasilkan uang secara online.

Meskipun benar bahwa ada banyak kursus di luar sana tentang topik-topik itu, Anda bisa sukses dengan kursus online di bidang apa pun. Anda dapat menjual kursus online tentang topik apa saja asalkan Anda memberikan nilai dan mengajarkan sesuatu yang bermanfaat bagi audiens Anda. Kursus online dapat mencakup pelajaran tertulis, pelajaran video, lembar kerja, cara menjual ebook di marketplace jual produk digital, atau kombinasi ketiganya.

3. Elemen Desain Grafis

Apakah Anda kreatif dan senang bekerja dengan program seperti Photoshop atau Illustrator? Jika demikian, menjual elemen desain grafis mungkin merupakan contoh digital produk yang dapat Anda jual. Elemen desain grafis dapat berupa apa pun yang Anda buat termasuk font, tekstur, kuas, ilustrasi, ikon, dan banyak lagi.

Misalnya, Angie Makes menjual berbagai elemen desain grafis seperti pola bunga, clipart, dan font yang cukup feminin. Elemen-elemen ini dapat digunakan oleh blogger atau desainer grafis untuk membuat grafik blog atau media sosial. Selain itu, Anda juga bisa membuat font untuk kebutuhan komersial. Bagaimana cara membuat font untuk dijual? Caranya hampir sama seperti elemen desain grafis pada umumnya.

4. Tema WordPress

Jika Anda ahli dalam coding, pertimbangkan untuk menjual tema WordPress. Sebagian besar tema WordPress premium dijual dengan harga masing-masing $ 50 hingga $ 100. Untuk keberuntungan terbaik, Anda dapat merancang tema untuk audiens tertentu: misalnya, blogger perjalanan atau fotografer pernikahan.

Satu hal yang perlu diingat dengan tema WordPress adalah bahwa Anda mungkin harus membuat pembaruan untuk tema Anda, atau menyediakan pemecahan masalah bagi pelanggan Anda. Ini bisa berarti Anda mempunyai beberapa pekerjaan ekstra dibandingkan dengan menjual jenis produk digital lainnya.

Pembeli digital atau orang yang membeli barang secara online, terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan diperkirakan akan mencapai 65,2 persen dari populasi global pada tahun 2021. Sementara itu, beberapa produk digital bahkan mampu bertahan selama bertahun-tahun dan bahkan puluhan tahun.

 

kredit : qwords.com

4 June, 2021