Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0

Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0

Manfaat Website

Revolusi industri sudah dimulai sejak abad ke-18, ketika tenaga manusia mulai digantikan oleh mesin uap. Saat ini kita berada di era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan kehadiran kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), komputasi awan (cloud computing), dan kata kunci utamanya adalah: “digitalisasi”. Salah satu wadah yang sering digunakan oleh berbagai instansi, organisasi, atau individu untuk mendigitalisasi berbagai hal adalah website. Lantas, apa itu revolusi industri 4.0 hingga manfaat website di era revolusi industri ini?

Revolusi Industri 4.0

Mungkin kamu sering mendengar istilah “Revolusi Industri 4.0”. Tapi, apakah kamu sudah tau apa itu industri 4.0? Industri 4.0 adalah perkembangan teknologi industri yang sudah merambah ke dunia digital, bahkan pertukaran informasi hingga perdagangan kini bisa dilakukan secara digital melalui sambungan internet.

Sederhananya, “digitalisasi” adalah kata kunci utama revolusi industri 4.0. Mulai dari digitalisasi produk dan jasa, digitalisasi jaringan, dan digitalisasi model bisnis hingga akses dengan pelanggan.

Di samping itu, sebagian besar aktivitas manusia juga akan melibatkan hal-hal berbau digital, misalnya memesan makanan, membeli tiket, kemesan kamar hotel, atau berobat melalui aplikasi, termasuk dalam berbisnis.

Apalagi, setelah menghadapi pandemi COVID-19 yang mulai merebak di Indonesia sejak awal Maret 2020, hampir semua sektor bisnis terkena dampaknya. Terlebih lagi, bisnis kecil yang hanya dilakukan secara konvensional sebagian besar mengalami kerugian yang tak sedikit. Alhasil, jerih payah membangun bisnis selama ini harus runtuh ditelan wabah.

Tapi tenang, justru inilah waktunya kamu meraih sukses dari rumah yang dimulai dari mengetahui manfaat website di era revolusi industri 4.0 agar dapat memaksimalkan teknologi yang ada untuk mengembangkan website-mu.

Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0

Salah satu media yang dapat kamu andalkan untuk menyesuaikan diri dengan era industri 4.0 adalah website. Entah kamu seorang mahasiswa, marketer, pengurus organisasi, apalagi pemilik bisnis, website adalah hal penting buatmu. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan website.

  • Meningkatkan kredibilitas

    Kredibilitas tak hanya berlaku di dunia profesional saja. Namun kamu juga memerlukan kredibilitas untuk menjangkau lebih banyak target, sesuai tujuanmu. Misalnya, jika kamu adalah pemilik bisnis pemula, website berguna untuk meyakinkan calon pelangganmu untuk membeli produkmu. Di sisi lain, jika kamu adalah seorang mahasiswa, website bisa kamu gunakan untuk membangun citra diri di mata orang lain, termasuk perekrut tenaga kerja (recruiters).

  • Memperkenalkan brand sekaligus sarana publikasi resmi

    Salah satu tujuan utama membuat website adalah agar orang lain mendapatkan awareness mengenai keberadaanmu di internet. Terlebih lagi jika kamu mengandalkan website untuk berjualan, tentunya kamu ingin target pasarmu mengetahui keberadaan brand-mu, ‘kan?

  • Katalog penjualan produk/jasa dan transaksi 24 jam non stop

    Ya, manfaat ini penting bagi kamu yang menggunakan website untuk berjualan. Selain mempromosikan produk atau membangun brand image, kamu juga bisa memudahkan calon pembeli jika mereka bisa melakukan pembelian melalui website.

  • Memangkas pengeluaran dan mengurangi jejak karbon

    Mengingat saat ini hampir segala hal sudah terdigitalisasi, kamu pun tidak wajib mempunyai toko fisik ketika memulai sebuah bisnis. Jika memanfaatkan website, kamu bisa memangkas pengeluaran untuk sewa tempat, ongkos perjalanan, sampai biaya listrik bulanan. Semuanya bisa kamu lakukan dari rumah.

    Tak hanya itu, kamu juga bisa mengurangi jejak karbon yang ditinggalkan ketika kamu melakukan aktivitas di toko fisik. Lumayan ‘kan, pengeluaranmu bisa terpangkas sekaligus menjaga kesehatan bumi?

 

Kredit : Dewaweb.com

2 July, 2020